Bisnis Untuk Mahasiswa Terbaru 2019

0
411
bisnis untuk mahasiswa

Berbisnis adalah kegiatan seseorang untuk mendapatkan keuntungan. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk mahasiswa. Bisnis untuk mahasiswa sendiri umumnya bisa dijalankan sembari mereka melaksanakan kegiatan kuliah. Kegiatan bisnis ini tentunya juga tidak mengganggu kegiatan mereka dalam mencari ilmu.

Pentingnya Berbisnis Bagi Mahasiswa

Bagi mahasiswa yang belum pernah berbisnis sama sekali, ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari kegiatan satu ini. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal mengenai pentingnya berbisnis bagi mahasiswa.

1. Mendapat Lapangan Kerja Baru

Saat ini kebanyakan mahasiswa yang sudah lulus sulit menemukan pekerjaan, sehingga mereka sering mencari pekerjaan sampingan. Dengan melakukan pekerjaan sampingan, maka mahasiswa tidak lagi menganggur. Mereka juga tidak perlu pusing harus membuat lamaran kerja dan CV serta memasukkan lamaran ke berbagai perusahaan.

Para mahasiswa yang sudah sukses dengan usahanya ini bisa mengajak teman yang masih menganggur untuk membuka usaha bersama. Setelah itu, para mahasiswa juga bisa membuka lapangan kerja baru bagi orang lain. Di samping mendapatkan, para mahasiswa juga bisa membuka lapangan kerja yang baru untuk banyak orang yang masih menganggur.

2. Memperluas Relasi

Menjalankan bisnis bagi mahasiswa memiliki peranan yang sangat penting untuk menambah relasi, baik antar teman maupun antar pelanggan. Relasi yang sudah dibangun dari transaksi bisnis harus tetap dijaga agar bisnis yang dijalankan mahasiswa semakin maju. Hal ini juga sama halnya dengan bisnis yang dijalankan pada umumnya, yaitu mereka membutuhkan relasi untuk bisnisnya.

3. Menambah Uang Saku

Tentunya hal ini sudah wajar jika mahasiswa melakukan bisnis di samping mereka menuntut ilmu di kampus demi mencari uang saku tambahan. Terkadang, uang saku yang diberikan orang tua dirasa tidak cukup bagi mereka, sehingga mereka melakukan kegiatan bisnis. Uang saku ini juga kadang dipakai untuk membeli barang yang mereka inginkan.

Baca Juga :  Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Peluang Usaha Franchise

Bagi mahasiswa yang memiliki wishlist atau daftar keinginan yang banyak terutama untuk membeli barang, coba untuk memulai berbisnis. Akan tetapi, jangan membayangkan bahwa para mahasiswa akan mendapat keuntungan besar dengan cara instan. Ada banyak kegagalan yang siap untuk mahasiswa hadapi dalam menjalankan bisnis.

4. Belajar Berkomunikasi

Salah satu syarat wajib yang dimiliki oleh seorang pebisnis adalah bisa berkomunikasi lancar, baik dengan pelanggan maupun rekan bisnisnya. Komunikasi yang baik tentunya dapat menghasilkan tujuan bisnis yang baik pula. Maka dari itu, bisnis untuk mahasiswa dapat membuat mereka belajar untuk berkomunikasi. Mahasiswa yang susah berkomunikasi juga bisa belajar untuk berbisnis.

Dalam berbisnis, jangan sampai mahasiswa melakukan miskomunikasi. Bisnis apapun jika pada salah satu pihak, baik itu penjual maupun pembeli ada yang miskomunikasi, tentunya tidak akan terjadi transaksi dengan lancar. Untuk itu, berkomunikasilah yang baik kepada pelanggan.

5. Belajar Tanggung Jawab

Di samping komunikasi lancar, sifat tanggung jawab juga harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Bayangkan saja jika mahasiswa menjalankan bisnis jualan baju misalnya, tetapi pebisnis ini tidak memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Akhirnya, barang yang dikirim bisa tidak sampai tepat waktu. Untuk itu, bisnis bagi seorang mahasiswa menuntut mereka belajar tanggung jawab.

Jenis Bisnis Untuk Mahasiswa Terbaru 2019

Setelah memahami pentingnya bisnis untuk mahasiswa di atas, tentunya para mahasiswa mulai menentukan bisnis apa yang ingin dijalankan. Para mahasiswa bisa mencoba untuk melihat beberapa rekomendasi bisnis yang baru dan masih sepi peminat. Berikut adalah macam bisnisnya.

1. Joki Akun Game Online

Maraknya pemain game online serta berkembangnya e-sport di Indonesia membuat para mahasiswa bisa membuka jasa joki akun game online. Banyak beberapa game online yang kerap dimainkan masyarakat Indonesia, dan di situlah kesempatan mahasiswa untuk mencari uang. Modal yang diperlukan untuk bisnis ini adalah skill atau keahlian dalam menguasai permainan.

Baca Juga :  Tips Membuka Bisnis Online Baju

Di samping menjual jasa joki akun game, para mahasiswa juga bisa membuka jasa jual akun game dengan level tinggi. Akun game dengan level yang lumayan tinggi biasanya akan dibanderol dengan kisaran harga puluhan juta rupiah. Tentunya ini menjadi rekomendasi bagi mahasiswa yang gemar bermain game dan sudah menguasai berbagai permainan.

2. Jasa Jual Akun Cloud Computing

Beberapa dari mahasiswa tentunya kerap mengeluh ketika penyimpanan di laptop maupun smartphone sering penuh tiba-tiba. Padahal data-data yang ada sangat penting sehingga mereka harus melakukan backup ke cloud computing. Berkembangnya zaman membuat banyak layanan cloud computing yang dipakai oleh masyarakat.

Untuk yang gratisan, biasanya hanya memuat penyimpanan sekitar puluhan gigabyte. Akan tetapi jika data yang dibackup membutuhkan kapasitas besar, tentunya membutuhkan akun cloud computing yang premium. Maka dari itu, para mahasiswa bisa menjual akun cloud computing ini ke rekan para mahasiswa maupun orang lain yang membutuhkan cloud computing.

3. Jasa Review Tempat Wisata

Indonesia kaya akan wisata alam, sejarah, maupun pendidikan. Hampir setiap tahun di berbagai daerah di Indonesia membuka tempat wisata baru untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah tersebut. Tempat wisata baru ini tentunya harus diketahui oleh banyak orang sehingga nantinya tempat wisata tersebut ramai.

Memasukkan tempat wisata baru ini bisa menggunakan aplikasi travel maupun menggunakan platform dari Google. Agar tempat tersebut semakin terkenal, para mahasiswa bisa memberikan review mengenai tempat wisata tersebut. Keuntungan yang didapat tentunya bisa mendapatkan tempat menginap gratis jika para mahasiswa melakukan kegiatan ini di aplikasi travelling.

4. Jasa Caption Postingan Sosial Media

Kebanyakan dari kita sering kali bingung ingin memasukkan caption apa untuk postingan sosial media. Jalan satu-satunya yang mereka gunakan adalah menuliskan “no caption” pada kolom caption, yang artinya tidak ada caption. Bagi mahasiswa yang gemar menulis, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka jasa pembuatan caption postingan sosial media.

Baca Juga :  Inilah Peluang Usaha yang Menjanjikan dan Cocok untuk Pemula

Para mahasiswa bisa menawarkan jasa ini kepada teman, keluarga, maupun follower sosial media para mahasiswa. Hanya dengan menuliskan caption saja, keuntungan yang didapat bisa mencapai puluhan juta dalam satu bulan. Untuk itu, jangan sampai tulisan yang dibuat para mahasiswa terbuang sia-sia dan coba untuk memberikan ide tulisan kepada orang lain.

5. Jasa Jual Backup Game

Permainan yang ada pada platform PC di zaman sekarang rata-rata berukuran besar, bahkan hampir ratusan gigabyte. Hal ini dikarenakan grafis game di zaman sekarang sudah memiliki kualitas yang sangat tinggi. Di samping itu, kebanyakan orang yang mengunduh game baru kerap mengeluh bahwa file yang mereka download cukup besar.

Bagi mahasiswa yang memiliki koneksi internet yang kencang dan harddisk dengan kapasitas besar bisa menawarkan jasa ini, yaitu jual backup data game. Jasa seperti ini sangat menguntungkan jika ditawarkan di warnet maupun gaming cafe di tempat mahasiswa tinggal. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan para mahasiswa bisa menawarkan ke teman yang hobi bermain game.

Bisnis untuk mahasiswa terutama untuk bisnis sampingan ada banyak dan bisa dijalankan dengan mudah. Dengan beberapa rekomendasi di atas, mahasiswa bisa menjalankan bisnis yang cukup unik dan menghasilkan keuntungan yang besar dengan mudah.