Contoh Dan Tips Menjalankan Bisnis Online Sampingan

0
130
Bisnis Online Sampingan

Memiliki penghasilan tambahan memang menjadi impian setiap orang dengan alasan ingin menabung atau demi memenuhi keinginan dan cita-cita membeli sesuatu. Bahkan seseorang yang biasanya sudah memiliki pekerjaan tetap atau rutinitas tertentu juga masih menginginkan kegiatan tambahan yang menghasilkan uang. Misalnya dengan menjalankan bisnis online sampingan yang bisa dijalankan berdampingan dengan kegiatan utama sehari-hari.

Bisnis online sampingan adalah salah satu jenis bisnis yang bisa dijadikan pilihan untuk memberikan penghasilan tambahan. Selain itu, bisnis ini memiliki waktu yang fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan siapa saja yang ingin menjalankannya. Menjalankan bisnis ini juga cukup mudah dan tanpa perlu repot seperti bisnis yang mengandalkan tempat dalam bentuk fisik.

Siapa Saja Yang Cocok Menjalankan Bisnis Online Sampingan?

Menjalankan bisnis online bisa dijalankan oleh siapapun. Namun untuk bisnis online sampingan biasanya dibutuhkan oleh kalangan tertentu saja. Pelaku bisnis online sampingan adalah orang-orang yang sudah memiliki kegiatan utama tetapi masih ingin penghasilan tambahan. Selain itu bisnis online sampingan bisanya mereka gunakan untuk mengisi waktu senggang di antara rutinitas sehari-hari.

Bisnis online sampingan sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga orang kantoran. Mahasiswa dengan segudang kegiatan kemahasiswaannya biasanya membutuhkan uang tambahan untuk jajan. Selain itu, ada ibu rumah tangga yang mungkin membutuhkan uang belanja tambahan sembari mengurus rumah. Orang kantoran pun masih bisa menjalankan bisnis ini dengan memanfaatkan waktu luang di sela-sela waktu bekerja.

Tips Menjalankan Bisnis Online Sampingan

Menjalankan bisnis online sampingan tidak terlalu sulit namun diperlukan ketekunan dan pantang menyerah. Sebelum menjalankan bisnis ini alangkah baiknya membaca berbagai referensi terlebih dahulu. Salah satunya dengan membaca tips menjalankan bisnis online sampingan berikut ini:

Baca Juga :  Bisnis Dropship, Bisnis Yang Tidak Ada Matinya

1. Mengatur Waktu Dengan Baik

Memulai bisnis online sampingan tentunya harus pandai mengatur waktu agar tidak mengganggu kegiatan atau pekerjaan utama. Bagi orang kantoran atau mahasiswa boleh berbisnis asal kegiatan utama yang sudah dibangun selama ini tidak terganggu. Pada intinya harus professional dan pandai memanfaatkan waktu luang yang dimiliki agar dapat menghasilkan uang.

2. Memanfaatkan Waktu Bermain Gadget

Memulai hal baru seperti bisnis online sampingan ini tentunya perlu sedikit berkorban waktu. Waktu luang yang bisanya banyak digunakan untuk bermain gadget bisa diganti dengan mulai merintis bisnis ini. Bisnis online yang tentunya memerlukan gadget dan kuota kini dapat memanfaatkan jatah kuota yang dibeli sehari-hari. Daripada kuota habis digunakan untuk bermain, lebih baik dimanfaatkan untuk bisnis dan menghasilkan uang.

3. Mempersiapkan Rekening Dan Mobile Banking

Bisnis online selalu identik dengan transaksi bank dalam melakukan pembayaran. Agar lebih memudahkan dalam menjalankan bisnis online sampingan sebaiknya miliki rekening yang selalu aktif beserta kartu ATM.

Selain itu, keberadaan mobile banking juga sangat membantu dalam bertransaksi di mana saja tanpa repot ke bank. Tips ini juga sangat bermanfaat untuk ibu rumah tangga yang masih mengurus anak sehingga bisa menjalankan bisnis online dengan bertransaksi di rumah.

4. Memilih Bisnis Online Yang Tidak Mengejar Target

Memilih bisnis online sampingan sebaiknya yang tidak terlalu mengejar target atau tidak memiliki target yang terlalu berat. Jika bisnis sampingan memiliki target yang berat pastinya akan mengganggu pekerjaan utama.

Pilih bisnis yang ringan dan dapat dijalankan sewaktu-waktu. Namanya bisnis online sampingan, jadi tidak melulu dijalankan setiap hari asalkan bisa tetap menghasilkan di kala waktu luang.

5. Memilih Jenis Bisnis Online Dengan Modal Yang Rendah

Sebagai bisnis online sampingan sebaiknya memilih bisnis online dengan modal yang tidak terlalu besar. Selain itu masih banyak juga bisnis online sampingan yang bisa dipilih tanpa modal sepeser pun. Memilih bisnis sampingan dengan modal yang minim ini penting agar tidak mengganggu penghasilan utama.

Baca Juga :  Bisnis Online Adalah? Ini Pengertian Dan Keuntungan Menjalankannya

6. Memperhatikan Produk Yang Akan Dijual

Meskipun ini adalah bisnis online sampingan, namun yang tak kalah penting adalah harus tetap memperhatikan produk yang akan dijual. Misalkan apakah produk tersebut adalah produk yang sedang banyak dicari atau apakah produk tersebut sedang menjadi trend. Selain itu, kualitas produk yang akan dijual juga harus diperhatikan untuk menarik calon konsumen.

Contoh Bisnis Online Sampingan

Berbagai bisnis online banyak bermunculan namun tidak semua jenis bisnis online bisa dijalankan paruh waktu. Bahkan terkadang ada bisnis online yang harus benar-benar ditekuni sampai seharian penuh. Bisnis online sampingan yang akan dilakukan dalam mengisi waktu luang harus bisa dijalankan kapan saja tanpa adanya tuntutan waktu. Berikut contoh bisnis online sampingan :

1. Bisnis Barang Import

Sekarang ini banyak agen yang menjual barang-barang dengan brand import yang melayani reseller atau dropship. Barang yang import tersebut seperti, tas, sepatu, baju, hingga berbagai kebutuhan lainnya yang bisa dijadikan bisnis online sampingan. Bagi pekerja kantoran bisnis ini sangat cocok karena dapat dilakukan di sela-sela kesibukan kantor sambil menawarkan barang kepada rekan kerja.

2. Menjadi Reseller Peralatan Rumah Tangga

Sekarang ini sedang banyak dijumpai di toko-toko online berbagai peralatan rumah tangga yang lain dengan di toko bahkan memiliki harga yang lebih murah. Serba-serbi peralatan rumah tangga memang tidak ada habisnya dan selalu ada saja peminatnya karena merupakan barang kebutuhan pokok. Oleh karena itu, menjadi reseller peralatan rumah tangga tidak ada salahnya dan peluangnya masih besar.

3. Menjadi Reseller Obat Herbal

Berbagai merk obat herbal yang sudah terdaftar di BPOM dan bersertifikat halal mulai banyak digemari. Selain itu, obat herbal juga dipilih karena bahannya yang alami sehingga aman digunakan dalam jangka panjang.

Baca Juga :  8 Produk Terlaris Untuk Peluang Usaha Online Shop

Oleh karena itu, obat herbal banyak dijadikan sebagai bisnis online sampingan.  Menjalankan bisnis ini juga cukup mudah, yakni dengan menjadi member dari salah satu agen obat herbal yang ada di internet.

4. Menjual Hasil Kerajinan Sendiri Melalui Media Online

Hobi membuat membuat kerajinan tangan ternyata juga bisa dijadikan bisnis online sampingan. Daripada hasilnya hanya ditumpuk, tidak ada salahnya untuk menjualnya di media online.

Selain itu bisa juga menawarkan pemesanan membuat sebuah kerajinan tangan melalui media sosial yang dimiliki. Hasil kerajinan tersebut misalnya membuat souvenir, aksesoris, rajutan, dan masih banyak lagi. Bisnis ini biasanya identik dengan ibu-ibu di rumah yang suka membuat berbagai kerajinan tangan.

5. Menjadi Reseller Produk Edukatif

Produk-produk edukatif seperti mainan anak, buku, dan sejenisnya memang sedang banyak digemari. Selain itu, produk edukatif ini banyak dibutuhkan untuk perkembangan otak anak sehingga banyak direkomendasikan untuk dimiliki.

Terutama produk edukatif ini juga dibutuhkan sebagai pengalihan perhatian anak terhadap gadget oleh para orang tua. Oleh sebab itu, menjadi reseller produk edukatif ini peluangnya cukup besar.

Bagaimana ? Tertarik untuk menambah penghasilan dengan bisnis online ? Tidak ada salahnya ingin mencari tambahan penghasilan dengan menjalankan bisnis online. Memiliki penghasilan utama namun memiliki keinginan yang besar tentunya harus menambah penghasilan lain. Salah satunya dengan memiliki bisnis online sampingan ini.