8 Bisnis Sampingan Kekinian Untuk Pelajar dan Mahasiswa

0
800

Sebagai seorang pelajar tentunya kuliah atau belajar menjadi tugas yang utama dan pertama. Namun, disela-sela waktu belajar tentu saja kita boleh untuk mengembangkan diri seperti salah satunya adalah dengan membuka usaha sampingan yang menjanjikan. Lalu apa sajakah bisnis sampingan yang diharapkan mampu memberikan hasil tambahan uang jajan atau mungkin untuk menabung. Berikut ini ada beberapa yang bisa kamu pilih.

1. Buka Toko Online

Memilih Toko Online sebagai bisnis sampingan tentu saja menjadi pilihan yang tepat untuk pelajar. Alasan utamanya adalah karena di zaman sekarang ini hampir segala sesuatu baik benda maupun jasa dapat dipesan secara online dengan cara yang mudah dan cepat. Hal ini sangat membantu mereka yang masih pelajar atau mahasiswa yang harus pandai dalam memanfaatkan waktunya.

Selain itu, beberapa jenis atau model toko online ini juga tidak membutuhkan modal yang besar atau bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali. Oleh karena itulah membuka toko online bisa menjadi pilihan atau rekomendasi untuk bisnis sampingan bagi pelajar maupun mahasiswa.

2. Memberi Les Privat

Selain membuka toko online, sebagai mahasiswa atau pelajar juga bisa memanfaatkan pengetahuan yang sudah dimiliki atau didapat agar dapat menjadi uang. Ya, dengan memberikan les privat kita tidak membutuhkan modal apapun selain apa yang kita miliki dalam pikiran kita serta uang transport tentunya.

Memberikan les privat sangat direkomendasikan sebagai bisnis sampingan yang mudah dan sangat direkomendasikan apabila kamu menguasai matematika atau bahasa asing seperti bahasa Inggris. Bisnis ini sangat menjamin, dan memiliki resiko yang sangat kecil. Pasalnya di jaman sekarang ini tidak sedikit yang akan meminta tambahan pelajaran sebagai cara untuk membantu anak-anak dalam belajar

Baca Juga :  10 Bisnis Menjanjikan Yang Tidak Ada Matinya Serta Kunci Sukses Menjalankan Bisnis

Dengan mereka satu atau dua jam saja dalam satu minggu, bisa dalam satu atau dua kali pertemuan setiap minggunya. Meskipun tidak banyak, namun kamu akan mendapatkan hasil dari keringat dan pengetahuanmu sendiri. Itulah yang terpenting dan hasil yang kamu peroleh tersebut bisa kamu simpan sebagai tabungan atau malah untuk tambahan uang saku.

3. Jual Kuota Internet

Komunikasi di era sekarang ini sangatlah bergantung pada internet. Oleh karena itulah peluang usaha yang dapat dimanfaatkan oleh pelajar ataupun mahasiswa harus dekat dengan internet. Bisnis sampingan yang bisa menjadi rekomendasi untuk anda adalah dengan berjualan kuota internet. Kuota internet tersebut bisa kamu ambilk stock dari internet dengan pembelian beberapa nomor dan dipasarkan pada teman teman sekolah maupun teman kuliah.

Manfaatkan harga yang murah dan juga kartu voucher internet yang memberikan kamu kesempatan untuk berbisnis sampingan di kalangan sendiri.

4. Jual Snack Impor

Yang menjadi peluang untuk bisnis sampingan selanjutnya adalah dengan memilih berjualan makanan kecil impor. Tentunya tidak hanya kamu yang suka mengerjakan tugas dengan atau sambil ditemani dengan makanan ringan. Selain tugas akan cepat selesai, kamu juga dapat menikmati waktumu secara berkualitas. Kesempatan bisnis sampingan ini memilih menjual snack impor alasannya adalah karena snack impor diyakini lebih menarik untuk dinikmati.

Namun, jika kamu kesulitan untuk mengakses pengespor snack asing, maka selanjutnya kamu bisa menjual makanan ringan yang yang unik untuk dicicipi. Beberapa contohnya adalah seperti makaroni pedas manis dan beberapa lainnya.

Tantangan saat memilih usaha berjualan makanan adalah anda harus memahami dengan betul suplier anda. Karena tantangan tersebut itulah yang akan menentukan apakah pembeli anda nantinya akan kembali sebagai pelanggan atau hanya akan menjadi pembeli yang kebetulan lewat saja. Kamu harus memikirkan bisnis sampingan ini yang juga memungkinkan sebagai usaha atau bisnis tetap.

Baca Juga :  9 Elemen Dalam Bisnis Model Kanvas Yang Wajib Diketahui Pelaku Usaha Baru

5. Jasa Design

Memanfaakan gadget yang kamu miliki seperti laptop atau komputer, kamu bisa menjadikannya sebagai sebuah bisnis sampingan yang bermanfaat baik untuk diri kamu maupun juga untuk dompet kamu. Ya, jasa desain ini menjadi salah satu opsi bisnis sampingan yang cocok karena tidak membutuhkan banyak modal maupun modal yang sulit.

Yang paling sulit dari bisnis sampingan ini adalah bagaimana anda harus memiliki skill atau keterampilan dalam mendesain suatu produk. Mudahnya, anda dapat mempelajari hal tersebut secara gratis yakni melalui YouTube atau website tutorial. Tinggal kamu yang apakah niat atau tidak dalam menekuni bisnis di bidang desain ini.

6. Penulis Lepas

Tak hanya dalam membuat desain saja, namun juga untuk kamu yang gemar menulis bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan dan juga mudah tanpa modal. Ya, dengan menjadi penulis lepas, kamu bisa menjadi seorang copywriter, content writer atau penulis lepas yang mengirimkan tulisannya untuk beberapa situs tertentu.

Namun dengan menjadi penulis lepas kamu bisa berkontribusi secara terus menerus dan hasilnya bisa kamu rasakan sendiri setiap bulannya apabila kamu sudah menjadi kontributor tetap yang mengirimkan tulisan dengan berbagai tema atau berbagai pilihan judul.

7. Penerjemah

Di posisi ke tujuh bisnis sampingan yang bisa dipilih oleh mereka yang masih pelajar atau mahasiswa adalah dengan menjadi penerjemah. Dengan menjadi penerjemah, kamu selain dapat mengembangkan kemampuan bahasa asingmu dan juga menambah kosa kata yang jelas akan bermanfaat di masa depan nantinya.

Meskipun demikian, bisnis sampingan ini sepertinya akan lebih cocok untuk mereka yang memang memilih untuk mendalami bahasa asing. Dengan demikian, hasil atau produk dari penerjemahan tersebut dapat terpercaya dan tentunya bayaran yang cukup mahal tersebut bisa kamu peroleh. Hasilnya memang bisa dibilang cukup menjanjikan meski di lain sisi bisnis sampingan ini juga memiliki potensi yang buruk apabila terlalu sering terjadi kesalahan.

Baca Juga :  7 Alasan Membuka Bisnis Agen Kuota

8. Membuat Blog atau Vlog

Selanjutnya yang bisa menjadi bisnis sampingan untuk pelajar maupun mahasiswa adalah dengan membuat blog atau vlog. Kedua bentuk usaha ini memang sangat kekinian dan seringkali hanya diangap sebagai hiburan saja. Padahal keduanya ini dapat menjanjikan. Namun, untuk dapat memetik buah dari kedua hal ini kamu juga perlu tekun dalam merawat blog atau vlog kamu di YouTube.

Dengan menekuni berbagai macam hal yang terkait dengan blog ataupun vlog tersebut, kamu bisa mengandalkan internet sebagai pusat informasi. Dengan demikian, ketekunan yang sudah kamu lakukan tersebut bisa berbuah adsense yang nantinya akan memberimu pemasukan dan pemasukan tersebut akan dihitung dalam bentuk dolar. Sangat menarik? tentu saja demikian karena tidak sedikit sudah merasakan sendiri hasil dan manfaatnya.

Itulah ke delapan bentuk bisnis sampingan yang kekinian dan juga menjanjian untuk terus ramai dan dapat terus dikembangkan. Apalai jika hal tersebut merupakan keinginan dan juga ketertarikan dari diri kamu seperti hobi. Dengan demikian apa yang kamu lakukan kini sesuai dengan dunia kamu sehingga bisnis juga terjamin memiliki peluang besar.